Rabu, 21 Oktober 2020


 


#Di mana Saya berada, Aku akan membuatmu juga
Yohanes (Yohanes 14:20)
Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.(Yohanes 14:20).
At(ἐν/en) that(ἐκεῖνος/ekeinos) day(ἡμέρα/hemera) ye(ὑμείς/humeis) shall know(γινώσκω/ginosko) that(ὅτι/hoti) I am(ἐγώ/ego) in(ἐν/en) my(μοῦ/mou) Father(πατήρ/pater), and(καί/kai) ye(ὑμείς/humeis) in(ἐν/en) me(ἐμοί/emoi), and I(κἀγώ/kago) in(ἐν/en) you(ὑμῖν/humin).(John14:20)
Tuhan berkata, "Aku akan datang kembali dan menerima kamu untukku" (ayat 3). Ini berarti bahwa Tuhan tidak menerima kita di mana pun, tetapi Dia menerima kita di dalam diri-Nya. Penerimaan Tuhan atas murid-murid-Nya kepada diri-Nya berarti menempatkan mereka di dalam diri-Nya, seperti yang dikatakan ayat 20, "Kamu di dalam aku." Dalam ayat 3 Tuhan menyambut kita kepada diri-Nya dan berkata, "Di mana saya berada, Anda juga akan berada." Dimanakah Tuhan? Apakah Dia di Surga? tidak. Dia ada di dalam Bapa. Tuhan ingin murid-muridnya juga berada di dalam Bapa (ayat 17 dan 21). Karena Tuhan ada di dalam Bapa, Dia akan memimpin kita menjadi Bapa.
Dengan berada di dalam Tuhan, kita sebagai murid juga ada di dalam Bapa. Tuhan ada di dalam Bapa. Melalui kematian dan kebangkitan, Tuhan telah membawa kita ke dalam diri-Nya. Karena Dia ada di dalam Bapa, kita juga ada di dalam Bapa dengan berada di dalam Dia. Di mana Dia berada, kita juga berada. Ini dimungkinkan melalui kematian dan kebangkitan Tuhan. Sebelum kematian dan kebangkitan, Tuhan ada di dalam Bapa, tetapi para murid tidak. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya, semua murid juga pergi menjadi Bapa, sama seperti Tuhan dan masih ada di dalam Bapa. Pada saat itu, Tuhan bisa berkata, "Di mana aku berada, aku akan menjadikanmu juga."
Cara kita masuk ke dalam Tuhan adalah Tuhan sendiri. Jalannya adalah orang yang hidup, jadi tempat di mana Tuhan membawa kita juga harus menjadi orang yang hidup, Bapa Surgawi Sendiri. Tuhan Sendiri adalah cara hidup yang menuntun orang ke tempat tinggal, Bapa Surgawi. Seperti kita, para murid berpikir bahwa baik tempat tinggal maupun jalan bukanlah pribadi, tetapi tempat. Namun demikian, Tuhan berkata kepada mereka, "Akulah jalannya." Dalam ayat 6 Tuhan Yesus juga berkata bahwa Dia nyata. Jalan membutuhkan kenyataan. Jika Tuhan bukan realitas Anda, Dia tidak akan pernah bisa menjadi cara Anda. Sebenarnya, itu menjadi jalan. Kenyataannya, hidup itu dibutuhkan.
Tuhan sendiri adalah hidup kita. Hidup ini membawa kenyataan kepada kita, dan kenyataan adalah cara kita masuk ke dalam Bapa. Pertama, Kristus adalah hidup kita. Kemudian hidup ini membawa kita semua realitas Ketuhanan. Bagaimanapun, realitas Ketuhanan ini adalah cara kita memasuki Bapa. Ketika Tuhan menjadi hidup bagi kita, kita memiliki realitas. Ketika Tuhan adalah realitas kita, kita memiliki jalan menuju Bapa. Selama bertahun-tahun saya tidak mengerti mengapa Tuhan mengutamakan jalan, kebenaran atau kenyataan di urutan kedua, dan hidup di akhir. Akhirnya saya mengerti arti urutannya.
Jika Tuhan ingin menjadi cara kita, Dia harus menjadi realitas kita, dan jika Dia ingin menjadi realitas kita, Dia harus menjadi hidup kita. Dengan memiliki Dia sebagai kehidupan kita memiliki Dia sebagai realitas kita, dan dengan memiliki Dia sebagai realitas kita, kita memiliki Dia sebagai jalan kita ke dalam Bapa. Tuhan Sendiri adalah jalannya, cara ini nyata dan nyata ada dalam hidup. Dalam ayat 6, Tuhan tidak berkata, "Tidak ada yang datang ke surga kecuali melalui aku." tidak. Dia berkata, "Tidak ada yang datang kepada Bapa kecuali melalui aku."
Kehendak Tuhan bukanlah untuk membawa kita ke surga, tetapi untuk memimpin kita ke dalam Tuhan, ke dalam Bapa. Tuhan bukanlah jalan yang membawa orang percaya ke surga, tetapi jalan yang membawa mereka ke dalam Bapa. Bapa, orang yang hidup, adalah tujuan, dan Putra, orang yang hidup, adalah jalannya. Tidak mungkin, tidak ada tujuan, tidak ada tempat. Jalan adalah Putra, dan tujuannya adalah Bapa; melalui Putra kita masuk ke dalam Bapa. Baik jalan maupun tujuan adalah kepribadian yang hidup. Karena kematian dan kebangkitan Putra, kita semua masuk ke dalam Bapa. Sekarang Putra ada di dalam Bapa, dan kita di dalam Bapa. Karena kita ada di dalam Anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yesus telah egeiro

 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit(ἐγείρω/egeiro), sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.(M...