Selasa, 01 Desember 2020


 

#Shabar (שָׁבַר)

(Mazmur 34:18)
TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Renungkan "patah hati" bahwa Tuhan sudah dekat.

Shabar (שָׁבַר), yang diterjemahkan Alkitb bahasa Indonesia sebagai "patah(KJV broken)" adalah kata kerja yang memiliki arti dasar penghancuran, dan pecah,dipotong-potong.
Karena itu, sering menafsirkan sebagai interpretasi psikologis bahwa TUHAN dekat dan menyembuhkan mereka yang telah hancur dan terkoyak dalam jiwa dan hati.

Namun, di luar penafsiran ini, Yesaya digunakan 'Shabar (שָׁבַר)' untuk mengekspresikan pembubaran seorang wanita (Yesaya 66: 9).
Dengan kata lain, ia memahami patah hati sebagai tempat kelahiran bagi lahir baru.
Ini berarti untuk lahir baru adalah bahwa anda akan menderita seperti melahirkan.
Itulah sebabnya Tuhan mungkin dekat.
karena itu seorang kristen sejati harus menderita dalam kehidupan secara fisik dan spiritual seperti bersalin, sebab itu rasul Pulus berteriak dalam Roma 7:21-24 'demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. 22 Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, 23 tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku. 24 Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?'
Aku manusia celaka! tetapi dia dalam ayat 25 bersakasi 'Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.'
Berharap kita bisa menjadi kehidupan baru yang dimulai setiap saat dengan oleh Tuhan mencari hati yang hancur yang terkoyak untuk hidup baru.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yesus telah egeiro

 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit(ἐγείρω/egeiro), sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.(M...